Tutorial 3d max untuk pemula
Berikut ini adalah tutorial
bergambar cara memberikan material atau tekstur pada obyek menggunakan 3Ds
max ( material standart ) mayoritas animasi entah itu untuk perframeatau
animasi gerak membutuhkan aplikasi material pada permukaan obyeknya agar
bendatersebut terlihat lebih hidup dan realistis.Material akan sangat membantu
untuk membentuk suatu tekstur dan warna yang tidak mungkin dilakukan
dengan mengedit obyek tersebut secara manual contoh seperti detail pada
benda yang sangat kecil, ada banyak jenis material pada 3D max, namun disini
sayaakan menunjukkan cara aplikasi material standart yang mempunyai fungsi
memberiwarna atau menempelkan foto pada permukaan benda tersebut, agar lebih
mudahdimengerti dan tidak njlimet saya akan menggunakan contoh aplikasi
material padasebuah kotak, dan tutorial ini cocok buat anda yang baru belajar
3ds max.
•
Buat sebuah benda kotak dengan
ukuran terserah, jika anda belum mengerti caramembuat kotak ikuti langkah saya pilih tab Create » Geometry
» lalu pada “Object Type” pilih
Box klik kiri mouse pada View Perspektif dan tahan laludrag secara
horisontal untuk memasukkan nilai panjang dan lebarnya lalu lepasdrag kemudian
drag lagi untuk memasukkan nilai tingginya, ahirnya jadi deghsebuah box.
•
Langkah kedua setelah selesai
membuat box buka Material Editor denganmengeklik
pada tombol atau tekan M pada Keyboard anda.
Selanjutnya klik padatombol kotak disebelah Diffuse
lalu pada Map Browser pilih Bitmap ( posisi paling atas )
kemudian cari foto yang ingin anda masukkan, pilih apapun yangingin anda pakai,
usahakan yang anda pilih adalah bitmap yang tidak di blur,setelah selesai klik
icon Go To Parent, pada contoh saya
menggunakan tekstur kayu sebagai bitmapnya, setelah bitmap tersebut masuk
dalam Material Editor, selanjutnya
klik pada box hingga posisi terpilih lalu pencet icon Assign materialto selection atau memasukkan material dengan cara
klik ditengah previewmaterial lalu drag ke box yang sudah anda buat tadi.
•
Sampai disini box yang anda buat
tadi sudah mempunyai material foto pada permukaannya, namun tidak semua
obyek yang diberi material langsung muncul pada viewport, seperti jika
anda menggunakan 3Dmodel dari autocad yangdiimport kedalam max tentu tidak akan
muncul, terus bagaimana cara mengatasi jika tidak material tidak terlihat?
untuk memastikan material tersebut sudahmasuk atau belum coba anda render
dengan tekan F9 pada Keyboard anda,
jikaobyek hanya satu akan mudah mengingatnya, tetapi bagaimana jika anda
ribuanobyek yang materialnya tidak terlihat? solusinya adalah modifikasi box
tersebutdengan menambahkan UVW map caranya pilih Modify » klik pada enudropdown di Modifier List » lalu pilih UVW map dan material foto anda
akanterlihat pada viewport.1
"ini
adalah dasar dari penggunaan material pada 3Dmax"
Jika anda ingin membuat material
hingga mempunyai refleksi terhadap cahaya yangfungsinya menjadikan benda tampak
seperti mengkilap silahkan tunggu tutorialselanjutnya, semoga tutorial ini
dapat membantu anda yang baru belajar 3D Max
Pertama kali kita membuka program
3ds max, kebanyakan dari kita akan dibingungkan oleh banyaknya tombol-tombol di
toolbar. Sebenarnya Untuk awalan kita hanya perlu mengetahui tombol-tombol
untuk fungsi dasar.
Tahapan dasar dalam produksi 3d
animasi di 3ds max :
1.modelling
2.materialing
3.lightning
4.rendering
( plus animationing sebelum render jika kita mau memproduksi animasi bergerak )
1.modelling
2.materialing
3.lightning
4.rendering
( plus animationing sebelum render jika kita mau memproduksi animasi bergerak )
Mulailah Latihan !!
1. create, move, rotate, rescale objek ( bisa dilihat di gambar )
Coba bikin obyek, coba digeser, diputar dan diperbesar.
atau untuk shortcut pake tombol keyboard W (move), E (rotate), R (rescale)
2. material, light, render ( bisa dilihat di gambar bawah )
Coba bikin obyek dikasih material terus dirender, untuk
mengaplikasikan material ke objek anda tinggal drag kotak tampilan material
yang dipilih ke objek.
Atau untuk shortcut pake M (buka material window), F9 (render gambar). Gambar di jendela render udah bisa di-save dalam bentuk yang dikehendaki yang disupport 3ds max (jpeg, bmp, tga, dan lain sebagainye).
Atau untuk shortcut pake M (buka material window), F9 (render gambar). Gambar di jendela render udah bisa di-save dalam bentuk yang dikehendaki yang disupport 3ds max (jpeg, bmp, tga, dan lain sebagainye).
TIPS : untuk shortcut navigasi view gunakan : putar scrol tengah
mouse (zoom), tahan tombol tengah + alt + geser mouse (putar view), tahan
tombol tengah + geser (geser view/pan)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar