Membuat
objek-objek dasar/pokok 3D (standard primitive)
Pada posting kali ini, akan kita
coba untuk membuat objek-objek dasar, yang mana apabila pengenalan kita akan
karakter objek ini baik, maka akan memudahkan kita untuk berdesain ria. Kita
pun jadi lebih mudah untuk menvisualkan desain yang sedang singgah di benak
kita. Bentuk-bentuk dasar seperti balok/kubus, lingkaran , tabung, pyramid,
kerucut adalah bentuk yang sangat indah secara asalnya. Dan dari bentuk-bentuk
inilah muncul bentuk-bentuk turunan yang mana keindahannya tergantung oleh
pendesainnya.
Di dalam 3DS MAX, telah disediakan
fasilitas pemodelanya secara instan dengan cara yang mudah. Fasilitas ini
adalah 'standard primitive', yang berisikan:
Box (balok/kubus), Sphere (bola), cylinder
(tabung), Torus (donat), Teapot ( teko), Cone
(kerucut), Geosphere (bentuk peralihan dari
kubus ke bola), Tube (tabung berlubang
tengah/cincin), Pyramid (limas), Plane (bidang lembaran). Anda bisa membuatnya
dengan 2 cara, seperti gambar dibawah. Cara pembuatan objek-objeknya hampir
sama. Apabila anda bisa membuat salah satunya, dimungkinkan bisa membuat yang
lainnya. Sebagai contoh buatlah sebuah box. Pilih Create-Standard
primitive-box. Setelah anda pilih box/tanda box diaktifkan anda tinggal
tekan tombol mouse kiri di viewport top. Tekan dan geserlah untuk memperoleh
besaran bidang alas, lalu lepaskan, lalu tekan sekali lagi dan geser lagi untuk
mendapatkan besaran tingginya. Maka jadilah box anda. Anda bisa mengatur
besaran objek tersebut untuk mencapai proporsi yang diinginkan dengan
mengotak-atik fasilitas parameternya.
Gambar dibawah ini adalah macam objek 3d di fasilitas
"standard primitive".
Setelah Anda mencoba membuat objek-objek tersebut, sekarang kita akan mencoba mengenal sifat/karakter masing-masing objek secara global. Disini akan kita kumpulkan seluruh objek standard primitive tersebut dalam satu ruang, yang mana kita menjadi lebih mudah mengenal karakter masing-masing.
Mari kita lihat bagaimana karakter
objek tersebut akan tampak apabila kita beri material solid/masif.....
Dan bagaimana karakter visualnya apabila kita beri material
transparan......?
Dan bagaimana dengan logam...?
Dan untuk lebih detail lagi, mari kita coba dengan karakter grid/arsiran...?
Dan yang terakhir, mari kita coba beri warna/material yang berbeda-beda bagi setiap objeknya.... karakter masing-masing objek semakin tampak bukan... ?
selamat menikmati...!!!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar