Rabu, 01 Desember 2010

Product Information

Perubahan apa yang ada di AutoCAD 2010?
Saya rasa perubahan di AutoCAD 2010 cukup baik. Ada perubahan cukup besar di 2D drafting, dan juga di 3D modeling.

Initial Setup

Ada yang sedikit berbeda saat pertama kali anda menjalankan AutoCAD 2010. AutoCAD akan menanyakan industri apa yang paling dekat dengan pekerjaan anda.
initial setup
Tujuannya sederhana: agar template dan workspace dioptimalkan untuk bidang anda.

 

Geometri dan Dimension Constraint

geometric constraint
dimensional constraint
Bagi anda yang telah terbiasa menggunakan aplikasi mechanical seperti Inventor, Pro Engineer, SolidWorks dsb, ini bukan lagi hal aneh. Namun bagi anda yang belum mengenal aplikasi CAD selain AutoCAD, mungkin akan sangat menyenangkan.
Geometric constraint akan mempertahankan bentuk geometri anda. Misalkan anda punya bentuk dua line yang saling tegak lurus dan berpotongan. jika anda tarik gripnya, maka bentuknya akan berubah. Tidak lagi tegak lurus.
unconstrained
Namun dengan geometric contraint, bentuk ini akan dipertahankan.
constrained
Dimension constraint akan menjaga jarak objek anda dengan objek lain. Misalkan anda ingin agar jarak offset selalu 100 unit. Atau anda ingin memasukkan rumus panjang persegi di dalam selalu 1/2 dari persegi di luar.
dimensional

Mesh Modeling dan 3D Gizmo

Anda terbiasa dengan 3ds Max? Maka anda tidak akan asing lagi dengan mesh modeling seperti ini.
mesh tools
mesh object
Setiap primitive object dapat dibagi atas beberapa divisi mesh. Yang nantinya dapat anda ‘tarik-tarik’ untuk free form modeling. Acad 2010 juga memungkinkan anda membuat objek mesh yang smooth dalam 4 level smoothing.
Gizmo juga mempermudah anda memodifikasi subobject.
gizmo
move gizmo
Misalkan anda ingin menggeser face mesh ke arah atas (Z). Perhatikan bahwa dengan mengklik gizmo pada sumbu Z, maka objek hanya akan bergeser ke arah sumbu Z.

PDF Overlay

Sekarang anda dapat menggunakan PDF sebagai XREF. Objek-objek yang ada dapat di snap.
PDF plotting juga dioptimalkan untuk tujuan ini. Sehingga layer dapat tetap disimpan dan di on-off saat anda menggunakannya sebagai underlay.

3D Printing

3D printing sebetulnya bukan teknologi baru. AutoCAD sekarang sudah bisa mensupportnya. File yang dihasilkan adalah stl yang dapat anda gunakan untuk input printer 3D.
Buat yang berminat hub: di 081250000457
Rp. 30.000/Belum termasuk Ongkos Kirim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar