Rabu, 09 Mei 2012

Tutorial 3D Max Untuk Pemula Part 1


Tutorial 3d max untuk pemula
Berikut ini adalah tutorial bergambar cara memberikan material atau tekstur pada obyek menggunakan 3Ds max ( material standart ) mayoritas animasi entah itu untuk perframeatau animasi gerak membutuhkan aplikasi material pada permukaan obyeknya agar bendatersebut terlihat lebih hidup dan realistis.Material akan sangat membantu untuk membentuk suatu tekstur dan warna yang tidak mungkin dilakukan dengan mengedit obyek tersebut secara manual contoh seperti detail pada benda yang sangat kecil, ada banyak jenis material pada 3D max, namun disini sayaakan menunjukkan cara aplikasi material standart yang mempunyai fungsi memberiwarna atau menempelkan foto pada permukaan benda tersebut, agar lebih mudahdimengerti dan tidak njlimet saya akan menggunakan contoh aplikasi material padasebuah kotak, dan tutorial ini cocok buat anda yang baru belajar 3ds max.

      Buat sebuah benda kotak dengan ukuran terserah, jika anda belum mengerti caramembuat  kotak ikuti langkah saya pilih tab Create » Geometry » lalu pada “Object Type” pilih Box klik kiri mouse pada View Perspektif dan tahan laludrag secara horisontal untuk memasukkan nilai panjang dan lebarnya lalu lepasdrag kemudian drag lagi untuk memasukkan nilai tingginya, ahirnya jadi deghsebuah box.

      Langkah kedua setelah selesai membuat box buka Material Editor denganmengeklik pada tombol atau tekan M pada Keyboard anda. Selanjutnya klik padatombol kotak disebelah Diffuse lalu pada Map Browser pilih Bitmap ( posisi paling atas ) kemudian cari foto yang ingin anda masukkan, pilih apapun yangingin anda pakai, usahakan yang anda pilih adalah bitmap yang tidak di blur,setelah selesai klik icon Go To Parent, pada contoh saya menggunakan tekstur kayu sebagai bitmapnya, setelah bitmap tersebut masuk dalam Material Editor, selanjutnya klik pada box hingga posisi terpilih lalu pencet icon Assign materialto selection atau memasukkan material dengan cara klik ditengah previewmaterial lalu drag ke box yang sudah anda buat tadi.


      Sampai disini box yang anda buat tadi sudah mempunyai material foto pada permukaannya, namun tidak semua obyek yang diberi material langsung muncul pada viewport, seperti jika anda menggunakan 3Dmodel dari autocad yangdiimport kedalam max tentu tidak akan muncul, terus bagaimana cara mengatasi jika tidak material tidak terlihat? untuk memastikan material tersebut sudahmasuk atau belum coba anda render dengan tekan F9 pada Keyboard anda, jikaobyek hanya satu akan mudah mengingatnya, tetapi bagaimana jika anda ribuanobyek yang materialnya tidak terlihat? solusinya adalah modifikasi box tersebutdengan menambahkan UVW map caranya pilih Modify » klik pada enudropdown di Modifier List » lalu pilih UVW map dan material foto anda akanterlihat pada viewport.1

"ini adalah dasar dari penggunaan material pada 3Dmax"
Jika anda ingin membuat material hingga mempunyai refleksi terhadap cahaya yangfungsinya menjadikan benda tampak seperti mengkilap silahkan tunggu tutorialselanjutnya, semoga tutorial ini dapat membantu anda yang baru belajar 3D Max

Pertama kali kita membuka program 3ds max, kebanyakan dari kita akan dibingungkan oleh banyaknya tombol-tombol di toolbar. Sebenarnya Untuk awalan kita hanya perlu mengetahui tombol-tombol untuk fungsi dasar.

Tahapan dasar dalam produksi 3d animasi di 3ds max :
1.modelling
2.materialing
3.lightning
4.rendering
( plus animationing sebelum render jika kita mau memproduksi animasi bergerak )





Mulailah Latihan !!

1. create, move, rotate, rescale objek ( bisa dilihat di gambar )

Coba bikin obyek, coba digeser, diputar dan diperbesar.
atau untuk shortcut pake tombol keyboard W (move), E (rotate), R (rescale)

2. material, light, render ( bisa dilihat di gambar bawah )

Coba bikin obyek dikasih material terus dirender, untuk mengaplikasikan material ke objek anda tinggal drag kotak tampilan material yang dipilih ke objek.
Atau untuk shortcut pake M (buka material window), F9 (render gambar). Gambar di jendela render udah bisa di-save dalam bentuk yang dikehendaki yang disupport 3ds max (jpeg, bmp, tga, dan lain sebagainye).

TIPS : untuk shortcut navigasi view gunakan : putar scrol tengah mouse (zoom), tahan tombol tengah + alt + geser mouse (putar view), tahan tombol tengah + geser (geser view/pan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar