Jumat, 11 Mei 2012

Tutorial 3D Max Untuk Pemula Part 3


Berkenalan dengan si bola ( salah satu personel standard primitive ) Part 2
Mungkin ada sebagian diantara Anda yang tersenyum-senyum ketika memperhatikan postingan tentang si bola part 1. Postingan 3DS MAX tentang bola tapi kok menampilkan image buah-buahan ( durian, rambutan, dll. )...? Semoga bagi yang tersenyum penuh pertanyaan/keanehan berubah menjadi senyuman yang telah dipenuhi jawaban. Pada postingan kali ini yang mana sebagai lanjutan dari part 1, akan kita coba melihat sisi lain dari bola. Di dalam 3DS MAX, walaupun kita hanya mempunyai bentuk-bentuk dasar, bentuk tersebut akan bisa kita ubah dengan relatif mudah dengan menggunakan fasilitas-fasilitas yang telah tersediakan. Baik berupa modifier/pemodifikasi atau fasilitas pemodeling lainnya. Tapi pada kesempatan kali ini hanya akan tertampilkan imagenya saja tanpa penjabaran. Karena memang bukan kali ini waktunya/kesempatannya. Yang terpenting Anda tahu bahwa bentuk-bentuk dibawah ini adalah hasil dari fasilitas 3DS MAX yang pembuatannya relatif simple/tidak merumit. Semoga pada kesempatan yang lain ada kesempatan untuk menjabarkannya.

1. Bentuk dasar bola (sphere). Sengaja kami tampilkan dalam 3 image berdampingan yang masing-masing memiliki karakter material yang berbeda. Solid, Transparan/pembias, Reflektor/pemantul.


2. Fasilitas Taper. Pengubah ukuran 2 sisi/alas yang berhadapan secara orthogonal diantara keenam sisi sebagaimana teranggap sebagai bentuk balok.


3. Fasilitas Scatter.



4. Fasilitas Lattice.


5. Fasilitas Bend.



6. Fasilitas Hair.




Bentuk-bentuk diatas cukup mencukupi sebagai perwakilan dari hasil pemodifikasian terhadap bola/sphere, walaupun disana masih banyak contoh yang lainnya.

Sebagai penutup, mari kita coba mengezoom salah dua imagenya agar tampak lebih detail.

Selamat menikmati...!!

Berkenalan dengan si cylinder ( salah satu personel standard primiitive ) Part 1
Bila kita mencermati tetumbuhan di alam ini, sebagian besar diantara jenisnya, jika kita lihat dalam skala proporsi batang, ketinggian, daya cakup kerindangannya.... sungguh menakjubkan. Kita dapati diantaranya hanya berbatang beberapa centimeter, tetapi sanggup menjulang berkali-kali lipat dari diameternya. Seperti si Bambu, kelapa, palm, cemara dll.. Diantaranya ibarat tower high rise pencakar langit dengan ruas-ruas lantainya, ato seperti si payung raksasa, ato menara pemancar. Dan Hampir keseluruhannya memiliki batang berbentuk cylinder/tabung, baik secara geometris atau abstrac (bentuk tabung yang mengalami perubahan). Demikian pula dengan organ tubuh kita... dan juga binatang di sekitar kita, baik didarat maupun diair, sebagian besarnya juga dari bentukan tabung. Namun yang lebih tepat lagi adalah dikenal dengan bentuk aerodinamis perpaduan tabung dan bola baik secara geometri murni atau abstrac. Mulai dari tubuh, kaki , tangan ,kepala, leher, jari....dll. (secara mayoritasnya). Pada kesempatan kali ini Kami tidak akan berpanjanglebar dalam hal ini, karena memang bukan tempatnya disini. Tetapi akan memfokuskan pada keutamaan tabung secara globalnya.

Karena bentuknya yang ibarat lingkaran bertumpuk banyak, bentuk ini adalah termasuk bentuk paling baik untuk menghadapi terjangan beban dari semua sisi setelah bentuk "Bola". Bentuk terjangan beban itu baik berupa Angin, arus air, tekanan desak/tumbuk, beban lentur/tekuk, dll.. Hal ini berbeda dengan bentuk-bentuk geometri lainnya. Seringkali, Kitapun melihat disekitar kita sekian banyak objek yang berbentuk tabung. Tiang-tiang penyangga jalan layang, atau jembatan (terutama yang ditanam didalam air), tower, bangunan pencakar langit, tiang listrik, kolom bangunan, cerobong pabrik, sebagian besar berbentuk tabung, baik secara geometri murni maupun turunannya. Demikian pula dengan perabot rumah tangga di sekitar kita, mulai dari gelas, botol, lilin, pipa, kaleng makanan, dsb. yang mana sebagian besar bentuk itu dipilih bukan karena ketidaksengajaan ato ada nilai estetika tertentu saja, tetapi memang karena bentuk itu dituntut keterwujudannya berkaitan dengan fungsi dan kelebihan dari geometrinya.

Gambar dibawah ini adalah beberapa contoh objek yang menggunakan geometri tabung/cylinder.

 
Image diatas diambil dari www.flickr.com
Anggap saja tulisan diatas adalah bumbu penyedap saja ato makanan pembuka. Sekarang kita beralih ke 3DS MAX. Sebagaimana objek Standard Primitive, pembuatannya adalah sangat mudah. Anda bisa membuatnya seperti gambar dibawah. Pilih Create-Standard Primitive-Cylinder. Setelah Anda pilih ato aktifkan, Anda tinggal menuju ke "Viewport Top", Tekan tombol kiri mouse sambil digeser untuk mendapatkan besaran luas alas, lalu lepaskan, tekan lagi dan geser lagi untuk mendapatkan besaran tinggi. Dan Anda tinggal mengeditnya dengan melihat parameternya di sisi kanan ( lihat No. 2). Untuk lebih detail lihat gambar dibawah....
Sebenarnya.... sebuah silinder adalah prisma segi tak terhingga, yakni prisma lingkaran, yakni lingkaran yang bertumpuk banyak membentuk sebuah massa/volume dengan memunculkan besaran tinggi. Di dalam parameter 3DS MAX yang melayani kita mengatur proporsi tabung ( No. 2), disana ada sebuah pengatur besaran segment "side". Angka ini sangat menentukan kondisi alas silinder. Dan dari besaran segment "side" inilah tabung teribaratkan sebagai prisma. Jika segment ini kita minimalkan, maka akan terhenti pada angka 3, karena memang bidang 2D yang terkecil adalah segitiga. Dan jadilah silinder kita sebagai prisma segitiga. Jika 4 maka menjadi prisma segiempat/balok, jika 10 maka prisma segi sepuluh. Dan semakin angkanya kita perbesar maka akan semakin menuju ke tabung yang lebih sempurna. Untuk lebih detail lihat gambar dibawah....
Objek diatas dibuat dengan create-primitive-cylinder dengan segment side : 3 (kiri), 4 (tengah), 5 (kanan)
Objek diatas dibuat dengan create-primitive-cylinder dengan segment side : 10 (kiri), 25 (tengah), 50 (kanan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar